Minggu, 10 November 2013

Menulis Juga Pahlawan, Kok


Makassar, 10 November 2013. BEM Fakultas Farmasi UMI melaksanakan salah satu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Hubungan Masyarakat. Kegiatan yang bertepatan dengan hari pahlawan nasional ini mengangkat tema “Jurnalistik Sebagai Wadah Pengembangan Aspirasi Mahasiswa Farmasi”.
 
Pelatihan ini merupakan kegiatan di bidang jurnalistik yang pertama kali diadakan oleh Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Farmasi dan diharapkan mampu menjadi sarana penyalur minat dan bakat mahasiswa. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden BEM Fakultas Farmasi UMI ini diikuti oleh 10 orang peserta yang sebagian besarnya adalah angkatan dari 2013. “Kuantitas yang minim diharapkan tidak berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan”, demikian yang dipaparkan oleh Aulia Fachrazi dalam sambutannya sebagai ketua panitia.

Pelatihan yang dimulai pukul 09.30 WITA ini terdiri dari 4 materi dan diselingi dengan beberapa games yang difasilitasi oleh 5 orang panitia. Materi pertama Sejarah Pers dilanjutkan dengan Manajemen Redaksi dan Perusahaan, Tehnik Layout dan Desain Grafis, serta Tehnik Wawancara dan Penulisan Berita. Semua pemateri berasal dari UKM Unit Penerbitan dan Penulisan Mahasiswa (UPPM) UMI. Di akhir kegiatan, dilakukan simulasi wawancara dan menulis berita agar apa yang sudah didapatkan dapat langsung diaktualkan.

“Perlawanan terakhir adalah do'a. Tapi sebelum menyerah, berjuanglah walau hanya dengan menulis. Menulislah, karena dengan menulis kita bisa memiliki sejarah. Katakan padaku, siapa yang tidak menulis kemudian menjadi orang besar?” ujar pemateri di akhir pemaparan materinya. (*slv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar